5. Tahapah dan
Karakteristik Perkembangan Karir Murid SD
Semua
aspek perkembangan manusia( sosial,fisik,dan pendidikan) saling berkaitan tak
rterkecuali perkembangan karir.Perkembangan karir merupakan bagian dari
perkembangan manusia karena:
a. Perkembanagan
terjadi sepanjang hidup manusia
Hal
ini dapat digambarkan dalam batas-batas kematangan yang merujuk kepada tahap
perkembangan yang dicapai.perkembanagan karir seseorang berkaiatan erat dengan
tahap perkembangan.
b. Perkembanagan
individu dipengaruhi oleh faktor pembawaan dan lingkungan.
Ini berarti bahwa
faktor psikologis,sosiologis,pendidikan ,ekonomis dan fisik berpengaruh
terhadap perkembanagan individu.Strategi intervensi bimbingan karir memadai
apabila memperhatikan faktor-faktor tersebut.
c. Perkembangan
adalah proses kontinu.
Perkembanagan individu
dapat dibantu melalui intervensi seawal mungkin dan berlangsung sepanjang
hidup.Inin berarti bahwa program yang hanya berpusat pada tahap perkembanagan
tertentu akan mengurangi efektivitas perkembangan.Bimbingan karir merupakan
salah satu bentuk intervensi yang bisa dilakukan dalam proses perkembangan
individu.
d. Aspek
dominan dalam berbagai periode perkembanagan.
Program perkembangan
karir harus memperhatikan aspek-aspek yang dominan pada tahap perkembanagan
tertentu.
e. Perkembanagan
individu mencakup diverensiasi dan integrasi konsep diri dan persepsi tentang
dunianya.
Starategi interverensi
harus dirancang untuk membanru individu pada saat berada dalam kematangan yang
normal daripada intervensi yang bersifat remidial.Bimbingan karir sebagai salah
satu bentuk intervensi perkembagan individu dapat berfungsi prefentif maupun
kuratif.
f.
Perkembangan individual
Program interverensi termasuk
bimbingan karir harus memperhatikan keragaman individual.
Diatas telah dikemukakan bahwa perkembanagan
individu merupakan proses yang kontinu,dan bahwa intervensi dalam bentuk
bimbingan karir dan efektif apabila memperhatikan tahap dan aspek yang dominan
dalam perkembangan individu.aspek dominan merupakan elemen yang perlu dikembangan
pada saat yang tepat dalam keseluruhan proses perkembangan
individu.keberhasilan menggambarkan elemen tertentu akan berpengaruh terhadap
perkembangan elemen berikutnya.apabila kita identifikasaikan aspek-aspek
tersebut dalam suatu kontinum perkembanagan karir dapat digambarkan dalam bagan
berikut:
Elemen
yang dikembanagkan : Hasil
a. Kesadaran
diri................................................... Identitas diri
b. Kesadaran
pendidikan...................................... Identitas pendidikan
c. Kesadaran
karir................................................ Identitas karir
d. Kesadaran
ekonomis........................................ Pendidikan ekonomis
e. Pengambilan
keputusan................................... Keputusan
karir
f.
Kompetensi dasar............................................ Ketrampilan kerja
g. Sikap
dan apresiasi.......................................... Keputusan pribadi dan sosial
Sosial
Kontinum perkembanagn
karir ! !
! ! ! ! !
! ! ! ! !
TK
1 2 3
4 5 6
1 2 3
1 2
Apabila model ditelaah
akan dapat diidentifikasikan ,elemen mana yang paling tepat dikembangakan pada
periode perkembanagan tertentu.Pada dasarnya setiap elemen itu merupakan titik
kritis yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan bimbingan karir.
Elemen –elemen perkembanagan karir tersebut dapat dijelaskan
sebagai berikut :
a. Kesadaran
diri
Sadar akan diri
sendiri, kebutuhan,kekuatan ,yang menuntut perkembangan dan pemahaman diri yang
positif yang akan mempermudah keputusan karir yang aktif.
b. Kesadaran
pendidikan
Murid mengenal dan
menyadari pentingnya perkembanagan ketrampilan dasar dan penguasaaan
pengetahuan isi pengetahuan sebagai alat pencapai tujuan akir.
c. Kesadaran
karir
Murid menyadari bahwa
perkembanagan karir berkembang melalui pendidikan dan pengalaman kerja dan
memahami tentang adanya keragaman dalam dunia kerja.
d. Kesadaran
ekonomis
Memahami hubungan
secara ekonomis antara ,gaya hidup dan pekerjaan.
e. Pengambilan
keputusan
Menyadari bahwa
pengambilan keputusan melibatkan tindakan dalam hal mengidentifikasakan
alternatif,memilih alternatif yang konsisten sebagai tujuan dan implementasi
keputusan tersebut.
f.
Kompetensi awal
Mengembangkan
ketrampilan kongnitif yang diperlukan untuk memasuki dunia karir.
g. Apresiasi
dan sikap
Internalisai karir yang memberikan
kepuasan baik secara pripad maupun sosial.
6. Teknik Bimbingan Karir bagi Murid SD
Bimbingan karir di sekolah dasar dapat
dilaksanakan denagan berbgai teknik yaitu sebagai berikut:
a.
Terpadu
dalam KBM
Teknik ini merupakan teknik yang
paling memungkinkan mengingat palaksanaan bimbingan di SD adalah guru. Dalam
teknik terpadu guru hendaknya meneliti materi kurikulum yang dapat disisipi
bimbingan karir.
Untuk
memberikan gambaran lebih nyata bagaimana isi bimbingan karir dapat dipadukan
dalam kegiatan belajar mengajar,berikut ini kami sediakan contoh yaitu seorang
guru kilas III bermaksud memadukan isi bimbingan karir tentang : Pemahaman
Hobbi dan Cita-cita dalam KBM. langkah pertama; mencari mata pelajaraan yang
relevan ,dan ditemukan pada pelajaraan 5 Bahasa Indonesia .Pelajaran 5 Bahasa
Indonesia membahas tentang Keragaman dan Anak-anak .langkah berikutnya adalah
Satuan Layanan Bimbingan Konseling.
SATUAN
LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SD
A. Topik
bahasan : Pemahaman Hobbi dan Cita-cita
B. Bidang
Bimbingan : Bimbingan Karir
C. Jenis
Bimbingan : Bimbingan Kelompok
D. Fungsi
layanan : Pemahaman Diri dan Pengembangan
E. Sasaran
Layanan : Siswa Kelas III
F. Uraiana
Kegiatan :
1. Kegiatan
awal
a. Memeriksa
kehadiran siswa
b. Memeriksa
peralatan murid,seperti buku Belajar Bahasa Indonesia ,Kertas warna kuning dan
hijau,gunting,dan lem.
c. Apresiasi
mengenai kegemaran anak
2. Kegiatan
Inti
a. Guru
mengajak murid untuk membaca pelajaran 5 Bahasa Indonesia ,Tentang Kegemaran
Anak-Anak(Soeleman ,dkk, 1997:70-71)
b. Guru
menempel gambar pohon harapan pada papan tulis.
c. Guru
memberikan kertas yang telah diberi pola buah apel buah.
d. Guru
menyuruh murid mengunting pola buah apel pada kertas ,masing-masing memperoleh
dua buah apel ,satu warna kuning dan satu lagi warna hijau.
e. Guru
menyuruh murid untuk menuliskan kegemaran dirinya pada kertas apel warna hijau dan menuliskan cita-citanya pada apel
warna kuning.setelah diisi identitas murid buah apel ditempel apda pohon
harapan.
f.
Guru bersama murid mendiskusikan siapa-siapa
yang memiliki kegemaran yang diperkirakan telah menunjang cita-cita dan siapa
yang belum.
3. Kegiatan
Akhir
Siswa
mengerjakan LKS berkenaan denagan Kegemaran Anak-anak
g. Metode
: Intruksional
h. Alat
dan Perlengkapan
1. Buku
Pelajaran Bahasa Indonesia ,Jilid IIIC,LKS dan Bolpoin.
2. Gunting
,kertas ,lem dan karton yang diberi gambar pohon harapan.
i.
Penilaian
1. Aktivitas
siswa dalam kegiatan
2. Pemahaman
siswa akan materi bacaaan
3. Pemahaman
siswa akan kegemaran siswa dan cita-citanya
Sekiranya dengan
membuat Satuan Layanan Bimbingan Konseling ,guru keberatan karena bertambah
tugas,guru dapat memadukan satuan layanan ini kedalam Persiapan Meengajar.Guru
tinggal memperkaya Tujuan Pembelajaran Khusus dengan tujuan yang lebih berorientasi
afektif dan psikomotor,disamping tujuan berorientasi kongnitif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar