Selasa, 19 Februari 2013

bimbingan konseling


5. Tahapah dan Karakteristik Perkembangan Karir Murid SD
     Semua aspek perkembangan manusia( sosial,fisik,dan pendidikan) saling berkaitan tak rterkecuali perkembangan karir.Perkembangan karir merupakan bagian dari perkembangan manusia karena:
a.       Perkembanagan terjadi sepanjang hidup manusia
Hal ini dapat digambarkan dalam batas-batas kematangan yang merujuk kepada tahap perkembangan yang dicapai.perkembanagan karir seseorang berkaiatan erat dengan tahap perkembangan.
b.      Perkembanagan individu dipengaruhi oleh faktor pembawaan dan lingkungan.
Ini berarti bahwa faktor psikologis,sosiologis,pendidikan ,ekonomis dan fisik berpengaruh terhadap perkembanagan individu.Strategi intervensi bimbingan karir memadai apabila memperhatikan faktor-faktor tersebut.
c.       Perkembangan adalah proses kontinu.
Perkembanagan individu dapat dibantu melalui intervensi seawal mungkin dan berlangsung sepanjang hidup.Inin berarti bahwa program yang hanya berpusat pada tahap perkembanagan tertentu akan mengurangi efektivitas perkembangan.Bimbingan karir merupakan salah satu bentuk intervensi yang bisa dilakukan dalam proses perkembangan individu.
d.      Aspek dominan dalam berbagai periode perkembanagan.
Program perkembangan karir harus memperhatikan aspek-aspek yang dominan pada tahap perkembanagan tertentu.
e.       Perkembanagan individu mencakup diverensiasi dan integrasi konsep diri dan persepsi tentang dunianya.
Starategi interverensi harus dirancang untuk membanru individu pada saat berada dalam kematangan yang normal daripada intervensi yang bersifat remidial.Bimbingan karir sebagai salah satu bentuk intervensi perkembagan individu dapat berfungsi prefentif maupun kuratif.
f.        Perkembangan individual
Program interverensi termasuk bimbingan karir harus memperhatikan keragaman individual.
   Diatas telah dikemukakan bahwa perkembanagan individu merupakan proses yang kontinu,dan bahwa intervensi dalam bentuk bimbingan karir dan efektif apabila memperhatikan tahap dan aspek yang dominan dalam perkembangan individu.aspek dominan merupakan elemen yang perlu dikembangan pada saat yang tepat dalam keseluruhan proses perkembangan individu.keberhasilan menggambarkan elemen tertentu akan berpengaruh terhadap perkembangan elemen berikutnya.apabila kita identifikasaikan aspek-aspek tersebut dalam suatu kontinum perkembanagan karir dapat digambarkan dalam bagan berikut:
Elemen yang dikembanagkan :                             Hasil
a.       Kesadaran diri...................................................   Identitas diri
b.      Kesadaran pendidikan......................................     Identitas pendidikan
c.       Kesadaran karir................................................     Identitas karir
d.      Kesadaran ekonomis........................................     Pendidikan ekonomis
e.       Pengambilan keputusan...................................       Keputusan karir           
f.        Kompetensi dasar............................................      Ketrampilan kerja
g.       Sikap dan apresiasi..........................................      Keputusan pribadi dan sosial
Sosial
 

Kontinum perkembanagn karir !          !    !    !    !    !  !     !     !  !     !      !
 

                                              TK  1   2   3   4    5   6  1    2     3  1    2
 


Apabila model ditelaah akan dapat diidentifikasikan ,elemen mana yang paling tepat dikembangakan pada periode perkembanagan tertentu.Pada dasarnya setiap elemen itu merupakan titik kritis yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan bimbingan karir.
     Elemen –elemen perkembanagan karir tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :
a.       Kesadaran diri
Sadar akan diri sendiri, kebutuhan,kekuatan ,yang menuntut perkembangan dan pemahaman diri yang positif yang akan mempermudah keputusan karir yang aktif.
b.      Kesadaran pendidikan
Murid mengenal dan menyadari pentingnya perkembanagan ketrampilan dasar dan penguasaaan pengetahuan isi pengetahuan sebagai alat pencapai tujuan akir.
c.       Kesadaran karir
Murid menyadari bahwa perkembanagan karir berkembang melalui pendidikan dan pengalaman kerja dan memahami tentang adanya keragaman dalam dunia kerja.
d.      Kesadaran ekonomis
Memahami hubungan secara ekonomis antara ,gaya hidup dan pekerjaan.
e.       Pengambilan keputusan
Menyadari bahwa pengambilan keputusan melibatkan tindakan dalam hal mengidentifikasakan alternatif,memilih alternatif yang konsisten sebagai tujuan dan implementasi keputusan tersebut.
f.        Kompetensi awal
Mengembangkan ketrampilan kongnitif yang diperlukan untuk memasuki dunia karir.
g.       Apresiasi dan sikap
Internalisai karir yang memberikan kepuasan baik secara pripad maupun sosial.
6Teknik Bimbingan Karir bagi Murid SD
Bimbingan karir di sekolah dasar dapat dilaksanakan denagan berbgai teknik yaitu sebagai berikut:
a.      Terpadu dalam KBM
Teknik ini merupakan teknik yang paling memungkinkan mengingat palaksanaan bimbingan di SD adalah guru. Dalam teknik terpadu guru hendaknya meneliti materi kurikulum yang dapat disisipi bimbingan karir.
Untuk memberikan gambaran lebih nyata bagaimana isi bimbingan karir dapat dipadukan dalam kegiatan belajar mengajar,berikut ini kami sediakan contoh yaitu seorang guru kilas III bermaksud memadukan isi bimbingan karir tentang : Pemahaman Hobbi dan Cita-cita dalam KBM. langkah pertama; mencari mata pelajaraan yang relevan ,dan ditemukan pada pelajaraan 5 Bahasa Indonesia .Pelajaran 5 Bahasa Indonesia membahas tentang Keragaman dan Anak-anak .langkah berikutnya adalah Satuan Layanan Bimbingan Konseling.
SATUAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SD
A.     Topik bahasan                    : Pemahaman Hobbi dan Cita-cita
B.     Bidang Bimbingan   : Bimbingan Karir
C.     Jenis Bimbingan                  : Bimbingan Kelompok
D.     Fungsi layanan                    : Pemahaman Diri dan Pengembangan
E.      Sasaran Layanan                : Siswa Kelas III
F.      Uraiana Kegiatan                :
1.    Kegiatan awal
a.       Memeriksa kehadiran siswa
b.      Memeriksa peralatan murid,seperti buku Belajar Bahasa Indonesia ,Kertas warna kuning dan hijau,gunting,dan lem.
c.       Apresiasi mengenai kegemaran anak
2.    Kegiatan Inti
a.       Guru mengajak murid untuk membaca pelajaran 5 Bahasa Indonesia ,Tentang Kegemaran Anak-Anak(Soeleman ,dkk, 1997:70-71)
b.      Guru menempel gambar pohon harapan pada papan tulis.
c.       Guru memberikan kertas yang telah diberi pola buah apel buah.
d.      Guru menyuruh murid mengunting pola buah apel pada kertas ,masing-masing memperoleh dua buah apel ,satu warna kuning dan satu lagi warna hijau.
e.       Guru menyuruh murid untuk menuliskan kegemaran dirinya pada kertas apel warna  hijau dan menuliskan cita-citanya pada apel warna kuning.setelah diisi identitas murid buah apel ditempel apda pohon harapan.
f.        Guru bersama murid mendiskusikan siapa-siapa yang memiliki kegemaran yang diperkirakan telah menunjang cita-cita dan siapa yang belum.
3.    Kegiatan Akhir
Siswa mengerjakan LKS  berkenaan  denagan Kegemaran  Anak-anak
g.       Metode : Intruksional
h.       Alat dan Perlengkapan
1.      Buku Pelajaran Bahasa Indonesia ,Jilid IIIC,LKS dan Bolpoin.
2.      Gunting ,kertas ,lem dan karton yang diberi gambar pohon harapan.

i.         Penilaian
1.      Aktivitas siswa dalam kegiatan
2.      Pemahaman siswa akan materi bacaaan
3.      Pemahaman siswa akan kegemaran siswa dan cita-citanya
Sekiranya dengan membuat Satuan Layanan Bimbingan Konseling ,guru keberatan karena bertambah tugas,guru dapat memadukan satuan layanan ini kedalam Persiapan Meengajar.Guru tinggal memperkaya Tujuan Pembelajaran Khusus dengan tujuan yang lebih berorientasi afektif dan psikomotor,disamping tujuan berorientasi kongnitif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar